Sabtu, 16 Oktober 2010

PIS 10-02_30110452_Perangkat Personal Komputer

Personal Computer (PC) adalah sekumpulan alay elektronik yang bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) , dan memberikan informasi (output) serta koordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memory .


1. CPU

simbadda_simx_622s
fugsi perangkat ini adalah sebagai tempat unutk mengolah seluruh aktifitas komputer baik secara input, output ataupun proses CPU juga sebagai tempat peletakan Harddisk , DVD ROOM, MotherBoard , dan device-device lainnya .

2. CIMOS



CMOS juga sering disebut complementary-symmetry metal–oxide–semiconductor or COSMOS(semikonduktor–logam–oksida komplementer-simetris). Kata komplementer-simetris merujuk pada kenyataan bahwa biasanya desain digital berbasis CMOS menggunakan pasangan komplementer dan simetris dari MOSFET semikonduktor tipe-p dan semikonduktor tipe-n untuk fungsi logika. Fungsinya adalah untuk mempercepat putaran harddisk .


3. RAM (Random Access Memory)







Memory biasanya disebut sebagai RAM, singkatan dari Random Access Memory. Memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan & menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. Karena itulah, fungsi kapasitas merupakan hal terpenting pada memory. 




4. ROM 





ROM atau yang sering disebut dengan READ ONLY MEMORY yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip semi konduktor yang isinya hanya dapat dibaca. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM, walaupun keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama dapat diakses secara acak (random) . 


Informasi / data / program yang tertulis pada ROM bersifat permanen dan tidak mudah hilang dan tidak mudah berubah walaupun komputer dimatikan atau dalam keadaan mati (off).  ROm dapat menyimpan data tanpa membutuhkan daya , itulah sebabnya data dalam ROM tidak akan hilang walaupun komputer mati . 


Secara garis besar fungsi dari ROM adalah sebagai tempat penyimpana data secara permanen.


5. SOUTH BRIDGE dan NORTH BRDIGE 
   


Fungi Northbridge:
  • Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main Memory, Prosesor, Front Side Busdan AGP Bus juga mengatur kerja power management

Fungsi Southbridge
  • Fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya.

Perbedaanya antara Southbridge dan Northbridge adalah :
- Northbriidge hanya menjembatani arus data disekitar processor , RAM, FSB, AGP, dan Power management. 
- Southbridge mengatur kerja pheriperal seperti IDE controller, PCI, ROM BIOS, Keyboard, Mouse, USB, Eth, LAn, dll .

6. DMA

Fungsi DMA
Modul DMA mampu meniru CPU, bahkan mengambil alih kontrol sistem dari CPU. Pada aat Cpu ingin membaca atau menulis blok data, CPU mengeluarkan perintah kemodul DMA, dengan mengirimkan ke modul DMA informasi berikut ini:
  1. Read atau write yang diminta.
  2. Alamat perangkat I/O yng dilibatkan.
  3. Lokasi awal dalam memori untuk membaca atau menulis.
  4. Jumlah word yang akan dibaca atau ditulis.
Modul DMA memindahkan seluruh blok data, word per word, secara langsung kememori atau dari memori, tanpa harus melalaui CPU. Modul DMA perlu mengambil kontrol bus agar dapat memindahkan data kememori dan dari memori. Untuk itu, modul DMA harus hanya menggunakan bus bila CPU tidak memerlukannya. CPU berhenti sementara selama satu siklus bus. Akibat keseluruhannya adalah menyebabkan CPU mengeksekusi lebih lambat. Akan tetapi bagi pemindahan I/O yang wordnya berjumlah banyak, DMA akan jauh lebih efisien dibanding dengan innterrupt driven I/O. Jumlah siklus yang dibutuhkan dapat dapat banyak dkurangi dengan mengintegrasikan antara modul DMA dengan fungsu-fungsi I/O.

7. PCI 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer