Minggu, 26 September 2010

LANGKAH - LANGKAH MEMUBUAT VARIABEL

Variabel


Variabel atau peubah adalah objek yang nilainya dapat berubah uba h dalam sebuah program. Variabel harus dideklarasikan sebelum digunakan didalam program dengan tujuan untuk memesan tempat dengan ukuran tertentu sesuai dengan ukuran tertentu (sesuai tipe datanya) pada memori.
Konsep variabel dalam pemrograman mirip dengan konsep variabel matematika . Variabel adalah suatu nama yang dapat diasosiasikan dengan sebuah nilai yang dapat kita manipulasi . Seperti dalam matematika , kita mengenal tipe suatu variabel misalnya 1 = x <>
Contoh penggunaan variabel yang sederhana ada pada contoh program kecil . Perhatikan bahwa deklarasi variabel (pernyataan variabel apa memiliki tipe apa ada pada bagian sebelum blok utama begin end , seperti ini : 


 Program namaprogram;

var
nama_variabel : tipevariabel;
nama_variabel2 : tipevariabel2;
begin
(*bagian program utama*)
end.

Sintaks yang lebih lengkap dapat dilihata pada buku pemrograman bahasa pascal . Perhatikan bahwa ketika dideklarasi sebuah variabel belum terdefinisi nilainya (sudah memiliki nilai, tapi tidak bisa diprediksi nilai apa yang ada) . Salah satu cara untuk memberi nilai variabel adalah melalui assigment . 


Langkah-langkah yang digunakan dalam membuat suatu program variable :

1.       Gunakan “//”  ( double dash ) untuk diawalan. Yang berarti baris tersebut tidak akan dieksekusi oleh program. Selain menggunakan “//”, kita juga dapat menggunakan “ /* …… */ “  dimana kita dapat menuliskan komentar diantara tanda tersebut. Kelebihan dari tanda kedua adalah, kita dapat menuliskan komentar lebih dari satu baris.
Contoh :  // Program C++


2.       Pada Baris Kedua, ganti

#include                  menjadi               #include
#include                         menjadi               #include

Ini berfungsi untuk memberitahukan kepada preprocessor untuk men-gincludekan file stdio.h, karena file tersebut akan digunakan di dalam program untuk melakukan perintah

3.       Kemudian masukan input program utama pada baris ke 4 – 5 yang dimana program utama merupakan fungsi dengan nama main.

/* program
   utama */
int main()   {

Program utama adalah tempat dimana kode yang pertama kali dieksekusi saat program dijalankan. Fungsi main tersebut  harus ada setiap kali kita membuat program. Ini dikarenakan baris ke 6 – 10 merupakan isi dari program.

4.       Lalu, masukan input

printf ("hello world");

yang berfungsi mencetak tulisan ke layar.

5.       Pada baris ke-8 masukan input

Getch ( ) ;

Yang berfungsi sebagai instruksi berhenti sehingga hasil di layar dapat dilihat karena program tidak langsung berakhir.

6.       pada baris ke Sembilan merupakan nilai kembali dari fungsi main

return 0;

7.       lalu tutup baris tersebut dengan menggunakan “ {  “ pada baris ke-10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer