Jumat, 29 Oktober 2010

PIS 10-02_30110452_Input Output

1. LCD (Liquid Crystal Display) .
Adalah sebuah teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna .

FAKTA LCD

  1. Hanya memakan sedikit ruang, rendah daya , dan panas yang dihasilkan lebih sedikit dibanding monitor CRT 
  2. Tidak ada flicker dan kedipannya sangat rendah sehingga enak dipandang berjam-jam 
  3. Untuk ukuran yang sama , Harga lebih mahal dibanding dengan monitor CRT 

LCD memiliki banyak kelebihan dibanding monitor CRT. Mereka mampu menampilkan teks yang jernih dan tidak ada flicker, yang berarti mengurangi kelelahan mata. Kekurangannya, kualitas warna LCD tidak dapat dibandingkan dengan monitor RT dan harganya yang mahal membuat tak terjangkau bagi kebanyakan orang .

Baik untuk layar LAPTOP atau DESKTOP, sebuah layar LCD terdiri atas banayk lapisan. Istilahnya adalah "SANDWICH" sebuah sumber sinar flourescent tau backlight merupakan lapisan paling bawah . Sinar ini akan melewati filter pertama dari 2 filter pengatur (polarizing). Sinar yang telah terpolarisasi kemudian melewati sebuah lapisan yang berisi ribuan bintik krista cair yang diajarkan sebuah kontainer kecil yang dinamakan CELL . Setiap Cell juga diajarkan membentuk barisan pada layar . Satu cell atau lebih akan membentuk satu pixel (ukuran tidak terkecil pada sebuah layar) . sumber elektrik disekeliling LCD membentuk sebuah medan elektrik yang akan menggetarkan molekul kristal , yang akan mengatur sinar yang akan lewat . Pada lapisan kedua berupa filter yang terpolarisasi dan melewatinya . Pada sebuah layar LCD monokrom , seperti pada sebuah plampiot atau jam tangan digital . DEMIKIANLAH CARA KERJANYA :) 

2 . MONITOR CRT 
CARA KERJANYA ADALAH :

  • Mula-mula katoda tabung dipanaskan oleh pin heater sekitar 6V AC sehingga mudah ditembakkan 
  • Elektron ini diarahkan oleh magnetik D-Y Yoke ke arah permukaan tabung yang dilapisi oleh fosfor RGB (Red Green Blue)
  • Elektron2 ini akan ditembakan sesuai dengan input
  • Pada kaki-kaki katoda tabung , dalam hal ini berhubungan langsung dengan bagian IC Vidio AMP atau Transistor penguat akhir pada PCR, RCT 
  • Apabila lapisan katoda dipanasi , maka permukaan katoda mudah melepaskan elektron-elektronnya 

3. LED 
DIODA CAHAYA atau lebih dikenal dengan sebutan LED (Light Emiting Diode) adalah sebuah semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju . 
LED merupakan komponen yang dapat mengeluarkan emisi cahaya . LED merupakan produk temuan lain selain dioda . Strukturnya juga sama dengan DIODA , tetapi belakangan ditemukan bahwa elektron yang menerjang sambungan P-N juga melepaskan energi berupa energi panas dan energi cahaya . 
Warna2 LED yang banyak adalah merah, kuning , dan hijau . LED berwarna biru sangat langka , pada dasarnya semua warna dapat dihasilkan namun akan menjadi sangat mahal dan tidak efisien .

Dioda Pemancar Cahaya (LED) bila didioda dibias forward, elektron pita konduksi melwati junction dan jatuh kedalam hole. Pada saat elektron2 jatuh dari pita konduksi ke valensi merek memancarkan energi . Pada DIODA LED energi dipancarkan sebagai cahaya , sedangkan pada didioda penyearah energi ini keluar sebagai panas . Dengan menggunakan bahan dasar pembuatan seperti galium , arsen dan fosfor pabrik dapat membuat LED dengan memancarkan cahaya warna merah, kuning, dan infra merah (tak kelihatan). LED yang menghasilkan pancara cahaya tampak biasanya digunakan untuk display mesin hitug , jam digital , dll. Sedangkan LED infra merah dapat digunakan dalam sistim tanda bahaya pencuri, dan lingkup lainnya yang membutuhkan cahaya tak kelihatan juga untuk remote control .

LED sering dipakai untuk indikator yang masing2 warna bisa memiliki arti yang berbeda . 
LED dalam bentuk susunan (ARRAY) bisa menjadi display yang besar . Dikenal juga LED dalam bentuk 7 segment atau ada juga 14 segment. Biasanya digunakan untuk menghasilkan angka numerik dan alphabet .

4 . PRINTER
  • Cara kerja PRINTER INKJET 
printerinkjet  Inkjet adalah teknologi cetak non impact. Droplet – droplet tinta diemisikan dari nozzle dan printer secara langsung menuju posisi spesifik pada sebuah substrat untuk menciptakan suatu gambar (image). Operasi printer inkjet adalah sangat mudah untuk divisualisasi; head printer men-scan halaman secara horizontal, menggunakan motor untuk menggerakkannya ke kanan dan ke kiri dan ke belakang, motor satunya memutar kertas secara vertikal. Satu strip gambar telah dicetak, kemudian kertas bergerak dan siap untuk strip berikutnya. Untuk mempercepat pencetakan, head printer tidak hanya mencetak satu baris (row) horizontal pixel tiap gerakan, namun juga mencetak row vertical pada saat yang sama

  • Cara Kerja PRINTER LASER 
laser-printer-diagram
Printer laser bekerja menggunakan prinsip listrik statis. Prinsip ini juga yang mendasari bagaimana kilat bias sampai di tanah dan lain sebagainya. Listrik statis adalah muatan listrik yang terdapat pada benda/objek yangterisolasi, seperti balon dan tubuh manusia. Listrik statis ini, digunakan printer sebagai lem sementara. Komponen inti dari sistem ini adalah photoreceptor, berupa drum atau silinder. Drum ini terbuat dari bahan yang sangat fotokonduktif.








Drum
Drum diberikan muatan positif . Drum lalu berputar, printer memancarkan laser kecil ke permukaan untuk melepaskan poin tertentu. Laser pun akan menarik surat-surat dan gambar yang akan dicetak sebagai sebuah pola muatan.
Setelah pola diatur, printer melapisi drum toner bermuatan positif - halus, hitam bubuk. Karena memiliki muatan positif, para toner menempel di daerah dibuang negatif drum, tetapi tidak bermuatan positif. Hal ini seperti menulis pada kaleng soda dengan lem, kemudian menggulungnya di atas beberapa tepung: Tepung hanya menempel pada bagian lem berlapis dari kaleng, sehingga Anda berakhir dengan sebuah pesan yang ditulis dalam bedak.

Fuser
Setelah kertas melewati drum, maka kertas akan melewati fuser/pemanas. Pada bagian ini, tinta pada kertas akan dikeringkan,sehingga akan keluar dalam keadaan kering, dan tidak basah.

Penghubung PC-Printer
Sebelum printer laser dapat bekerja, printer harus menerima data halaman dan mencari cara bagaimana susunan cetakan sesuatu di atas kertas. Tugas ini adalah tugas printer controller.
Printer controller adalah printer laser onboard utama komputer. Berkomunikasi dengan host komputer (misalnya, PC) melalui port komunikasi, seperti paralel port atau USB port. Pada awal pekerjaan pencetakan, printer laser menetapkan dengan host komputer bagaimana mereka akan bertukar data. Kontroler mungkin harus memulai dan menghentikan komputer host secara berkala untuk memproses informasi yang telah diterima.

Bahasa Kontroller
Untuk printer host controller dan komputer untuk berkomunikasi, mereka harus berbicara dalam bahasa deskripsi halaman yang sama. Pada awal printer, komputer mengirim semacam khusus file teks dan kode sederhana memberikan printer format dasar informasi. Sejak awal ini printer hanya punya beberapa font, ini adalah proses yang sangat sederhana.

Menyiapkan Halaman
Setelah data terstruktur, Pengendali mulai menempatkan halaman . Menetapkan margin, mengatur kata-kata dan grafis apapun. Ketika halaman tersebut diatur, maka prosesor gambar raster (RIP) memerlukan data halaman, baik secara keseluruhan atau sepotong demi sepotong, dan mengelompokkannya menjadi array titik-titik kecil. Seperti yang akan kita lihat pada bagian berikutnya, printer memerlukan halaman di formulir ini sehingga laser dapat menulis di atas photoreceptor drum.
Di sebagian besar printer laser, Pengendali menyimpan semua pekerjaan cetak-data dalam memori sendiri.Ini memungkinkan pengontrol meletakkan pekerjaan pencetakan yang berbeda ke dalam antrian sehingga dapat bekerja melalui mereka satu per satu waktu. Hal ini juga menghemat waktu ketika mencetak beberapa salinan dari sebuah dokumen, karena hanya komputer host untuk mengirim data sekali.

Laser Majelis
Sejak itu benar-benar menarik halaman, printer laser sistem - atau laser scanning perakitan - harus sangat tepat. Pemindaian laser tradisional perakitan meliputi:
- Laser
- Cermin bergerak
- Lensa
Laser halaman menerima data yang membentuk teks dan gambar. Ketika sinar bergerak di drum, laser memancarkan cahaya pulsa untuk setiap titik yang akan dicetak, dan tidak ada denyut nadi untuk setiap titik ruang kosong.
Laser tidak benar-benar memindahkan berkas itu sendiri. Sinar itu memantul dari cermin yang dapat bergerak sebagai gantinya. Sebagai cermin bergerak, itu menyorotkan sinar melalui serangkaian lensa.Sistem ini gambar mengkompensasi distorsi yang disebabkan oleh jarak bervariasi antara cermin dan titik sepanjang drum.

Menulis Halaman

Laser assembly bergerak dalam satu bidang, horizontal. Setelah setiap horisontal scan, printer menggerakkan drum photoreceptor membuat takik sehingga perakitan laser dapat menggambar baris berikutnya. Sebuah mesin cetak kecil komputer mensinkronisasikan semua ini dengan sempurna, bahkan pada kecepatan yang memusingkan.
Beberapa laser printer menggunakan strip memancarkan dioda cahaya (LED) untuk menulis halaman gambar, daripada sebuah laser. Masing-masing posisi dot berdedikasi memiliki cahaya, yang berarti printer telah mencetak satu set resolusi. Sistem ini untuk memproduksi lebih murah daripada laser benar majelis, tetapi mereka menghasilkan hasil yang lebih rendah. Biasanya, Anda hanya akan menemukan mereka di lebih murah printer.

Toner Dasar
Salah satu hal yang paling khas tentang printer laser (atau fotokopi) adalah toner. Toner adalah bubuk bermuatan listrik dengan dua bahan utama: pigmen dan plastik.
Fungsi pigmen adalah menyediakan warna (hitam, dalam sebuah printer monokrom) yang mengisi teks dan gambar. Pigmen ini dicampur ke dalam partikel plastik, sehingga toner akan mencair ketika melewati fuser panas. Toner kualitas ini memberikan sejumlah keuntungan atas cairan tinta. Terutama, erat mengikat serat di hampir semua jenis kertas, yang berarti teks tidak akan dengan mudah noda atau berdarah.


Mencetak Toner
Proses mencetak printer toner ke gambar elektrostatik di drum dimulai dengan menyimpan bubuk ke dalam gerbong toner, wadah kecil yang dibangun menjadi sebuah casing dilepas. Mengumpulkan printer toner dari gerbong dengan unit pengembang. The “pengembang” sebenarnya adalah kumpulan kecil, manik-manik magnet bermuatan negatif. Manik-manik ini melekat pada rol logam yang berputar, yang menggerakkan mereka melalui toner toner dalam gerbong.
Karena mereka bermuatan negatif, manik-manik pengembang mengumpulkan partikel toner positif ketika mereka melalui. Roller kemudian sikat manik-manik melewati perakitan drum. Citra elektrostatik muatan negatif yang lebih kuat daripada pengembang manik-manik, sehingga drum menarik partikel toner pergi.
Drum kemudian bergerak di atas kertas, yang memiliki muatan yang lebih kuat dan sehingga merebut toner. Setelah mengumpulkan toner, kertas segera diberhentikan oleh detac korona kawat. Pada titik ini, satu-satunya yang menjaga toner pada halaman gravitasi - jika Anda meniup pada halaman, Anda akan benar-benar kehilangan gambar. Halaman harus melalui fuser untuk affix the toner. Fuser rol yang dipanaskan oleh lampu tabung kuarsa internal, sehingga plastik di toner meleleh saat melewati.
Untuk menjaga toner agar menempel pada fuser gulungan,bukan halaman, maka fuser gulungan harus dilapisi dengan Teflon, sama bahan antilengket yang membuat sarapan Anda tidak menempel ke bagian bawah penggorengan.




MOUSE 





Ya mouse seperti gambar diatas ini (tentu dengan berbagai macam tipe) mempunyai sebuah fungsi utama yaitu menggerakkan kursor. Nah biasanya kursor ini ber gambar sebuah anak panah. Seperti yang anda lihat di depan monitor komputer kamu. Atau dapat berubah-rubah jika melewati form tertentu, contohnya menjadi garis hitam vertikal ketika kamu mengetik di MS word atau nulis posting di blog. Selain itu juga memiliki fungsi lain yaitu memberi perintah yaitu klik dan klik kanan.
Nah itu pengertian fungsi secara kasat mata, nah dari pengertian mouse dariwikipedia adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Mousem emperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.
Dalam bahasa indonesia dinamakan dengan tetikus, walaupun mungkin sebagian besar rakyat indonesia kecuali bintang tidak tahu ini :D
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse komputer yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Secara garis besar itulah pengertian dan funsi dari mouse komputer yang sering anda pakai sehari-hari untuk mengakses blog ini. Sebelum narsis saya bertambah parah, bintang akan meninggalkanmu sekarang!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer